welcome...selamat datang...wilujeng sumping...buat semuanya di blog ini, silahkan menikmati segala menu yang ada di blog ini...enjoy it.

logo

Cerita dari tanah suci (1)

20 Oktober 2009

Akhir bulan ini (Oktober 2009) atau beberapa hari kedepan, rombongan pertama atau kloter pertama jamaah haji kita akan segera berangkat meninggalkan tanah air menuju tanah suci Madinah Al Munawaroh untuk mengikuti rangkaian ibadah haji selama kurang lebih 40 hari. Kloter pertama ini akan langsung berangkat menuju Madinah Al Munawwaroh dan menginap di madinah selama 8-9 hari untuk selanjutnya berangkat menuju kota suci Mekkah Al mukarromah. Sekedar gambaran saja semua jamaah haji asal Indonesia di bagi dalam kloter atau kelompok terbang dan di berangkatkan dari beberapa embarkasi, seperti embarkasi Soekarno hatta Jakarta, Juanda Surabaya, Hasanudin Makassar dan lain lain, dalam beberapa puluh kloter di masing masing embarkasinya.


Secara garis besar seluruh kloter jamaah haji ini, di bagi dalam dua kelompok gelombang penerbangan. GELOMBANG PERTAMA yaitu kloter jamaah haji yang berangkat di awal musim haji sampai pertengahan musim haji. Semua jamaah haji yang masuk dalam gelombang pertama ini di terbangkan langsung menuju kota Madinah. Di sana mereka tinggal selama 8-9 hari untuk melaksanakan kegiatan sholat fardhu berjamaah selama 40 kali atau yang lebih di kenal dengan sholat arba’in, kemudian berziarah ke makam Rosululloh Muhammad saw, sahabat Abu Bakar Asshiddiq ra, sahabat Umar bin Khottob ra, ziarah ke pemakaman Baqi, mengunjungi Masjid quba (yaitu masjid yang pertama kali di bangun oleh Rosululloh saw), mengunjungi masjid qiblatain ( yaitu masjid dua arah qiblat yaitu ke arah Baitul maqdis di palestina sebelum turun wahyu untuk merubah arah qiblat menjadi ke arah Masjidil Haram di mekkah) dan tempat tempat lainnya seperti ke jabal atau gunung Uhud, dan tentunya belanja qurma di pasar qurma untuk oleh oleh sanak saudara dan juga tetangga di tanah air.


O..ya satu hal lagi yang tak kalah pentingnya selama kita berada di madinah ini yaitu di Masjid Nabawi ini ada satu tempat yang banyak di buru oleh seluruh jamaah haji agar mereka bisa berada di sana, apa itu? Ya… betul, tempat yang banyak di buru itu adalah RAUDHAH. Dalam salah satu haditsnya Rosululloh saw bersabda bahwa raudhah adalah salah satu taman di antara taman taman surga, dan termasuk salah satu tempat yang di ijabah untuk berdo’a. Adapun raudhah ini letaknya berada di antara mimbar dan makam nabi saw. Maka jangan heran kalau raudhah ini mendapat penjagaan yang sangat ketat dari askar atau polisi Arab Saudi dan perlu perjuangan yang sangat kuat untuk bisa memasukinya. Dan raudhah ini di tandai dengan di kelilingi oleh semacam kain atau terpal yang sangat kuat sehingga tidak bisa di terobos oleh para jamaah haji dan harus bergiliran untuk bisa memasukinya karena tempatnya yang tidak seberapa luas. Di raudhah ini warna karpetnya pun berbeda di banding areal masjid lainnya, di raudhah warna karpetnya berwarna putih sedang yang lainnya merah dan ruangannya semerbak harum.


Itulah barangkali sekelumit gambaran tentang perjalanan ibadah haji untuk para jamaah haji yang masuk dalam gelombang pertama, dan setelah berada di Madinah selama 8-9 hari maka seluruh jamaah haji di berangkatkan menuju kota Mekkah.

Berikut poto poto sekitar kota Madinah dan masjid Nabawi.


Masjid Nabawi di malam hari





suasana jamaah di pelataran masjid Nabawi

  
 
  pemandangan di atas jabal uhud


baca sambungannya.....nanti.


artikel terkait……



0 komentar:

Posting Komentar

mangga...,silahkan di isi... thank's ya atas kunjungannya.

cari recehan dollar ....

sekedar berbagi saja....barangkali anda tertarik untuk cari recehan dollar atau rupiah :

1.PAYBOX.ME
anda di minta untuk mengikuti survey yang di lakukan oleh paybox untuk pengembangan alat pembayaran online yang akan segera di launching. silahkan daftar dan dapatkan langsung $25. klik disini untuk gabung dan pilih CLICK HERE TO JOIN NOW

ayo.....ikutan daftar.
jika belum jelas....silahkan tanya di buku tamu sebelah.

BUKU TAMU ANDA...

bisnis online

inilah salah satu cara tergampang untuk mencari recehan dollar via internet, silahkan anda daftar dan dapatkan langsung bonus 1 dollar, di jamin. anda bisa memilih jenis pekerjaan/job yang sekiranya bisa anda kerjakan dan dapatkan dollarnya. info lengkap
klik di sini
atau klik banner di bawah ini untuk daftar langsung.
logo

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

kembali ke ATAS