welcome...selamat datang...wilujeng sumping...buat semuanya di blog ini, silahkan menikmati segala menu yang ada di blog ini...enjoy it.

logo

Cerita dari tanah suci (2)

22 Oktober 2009

Menyambung postingan yang lalu tentang pelaksanaan ibadah haji yang masuk dalam kelompok GELOMBANG PERTAMA, maka sekarang kita akan sedikit membahas tentang pelaksanaan ibadah haji yang masuk dalam kelompok GELOMBANG KEDUA. Yang di maksud dengan gelombang kedua adalah kloter jamah haji yang di berangkatkan pada periode pertengahan musim haji sampai dengan akhir musim haji. Para jamaah haji yang di berangkatkan pada gelombang kedua ini langsung di berangkatkan menuju kota mekkah. Sesampainya di bandara King Abdul Azis di kota Jeddah, seluruh jamaah haji langsung di berangkatkan menuju kota mekkah.

Biasanya para jamaah haji yang masuk dalam gelombang kedua ini sesampainya di bandara King Abdul Azis mereka langsung membersihkan badan alias mandi untuk kemudian mengenakan pakaian ihram, namun ada pula yang sudah mengenakan pakaian ihrom ketika masih berada di bandara tanah air dan ada juga yang mengenakan pakaian ihrom ketika mereka berada di atas pesawat sekitar 30 menit sebelum pesawat mendarat. Itu semua tergantung dari pemahaman para jamaah haji mengenai apa yang di namakan dengan miqot ( atau batas wilayah untuk mulai berniat untuk umroh/haji dan mulai memakai pakaian ihrom). Mereka akan berada di kota Mekkah sekitar 30 hari. Adapun kegiatan yang di laksanakan oleh seluruh jamaah haji yang berada di kota Mekkah antara lain : pada hari pertama kedatangan biasanya para jamaah haji langsung melaksanakan umroh. Pelaksanaannya di mulai ketika akan memasuki miqot dan berniat untuk melaksanakan umroh terlebih dahulu baru kemudian melaksanakan haji (ini yang mayoritas).

Biasanya seluruh jamaah haji yang sudah mengenakan pakaian ihrom setelah sampai di mekkah dan di tempatkan di pondokan masing masing, seterusnya bersama sama berangkat menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh. Pelaksanaannya di mulai dengan melaksanakan tawaf ( yaitu mengelilingi ka’bah 7 putaran yang di mulai di sudut hajar aswad dan berputar berlawanan dengan arah jarum jam), kemudian melaksanakan sa’i ( yaitu berlari lari kecil antara safa dan marwah sebanyak 7 kali, di mulai dari safa dan di akhiri di marwah) kemudian di akhiri dengan menggunting rambut atau mencukur rambut. Selesai, maka seluruh rangkaian ibadah umroh selesai sudah. Maka seluruh jamaah haji di perbolehkan mengenakan pakaian seperti biasa ( tidak mengenakan pakaian ihrom ) dan tinggal menunggu puncak pelaksanaan ibadah haji pada tanggal 9 dzulhijjah.

Itulah sekelumit rangkaian ibadah haji untuk para jamaah haji yang masuk dalam kelompok gelombang kedua, setelah puncak pelaksanaan ibadah haji selesai maka para jamaah haji yang masuk dalam gelombang kedua ini di berangkatkan menuju Madinah untuk melaksanakan rangkaian kegiatan seperti yang di lakukan oleh para jamaah yang masuk pada kelompok gelombang pertama, ibaratnya bertukar posisi lah dari madinah ke mekkah dan sebaliknya yang dari mekkah ke madinah gitu loh. Begitu kurang lebih, maaf kalau ada yang salah atau keliru, wallohu a’lam.

Berikut poto poto sekitar mekkah dan sekitarnya :



ka'bah, kiblat umat islam di seluruh dunia.

 
tempat Rosululloh saw lahir, kini
di jadikan gedung perpustakaan.



mina,dengan latar tempat melontar jumroh aqobah.



pemandangan dari slah satu gunung di mekkah.



suasana perkemahan di mina.


artikel terkait……



0 komentar:

Posting Komentar

mangga...,silahkan di isi... thank's ya atas kunjungannya.

cari recehan dollar ....

sekedar berbagi saja....barangkali anda tertarik untuk cari recehan dollar atau rupiah :

1.PAYBOX.ME
anda di minta untuk mengikuti survey yang di lakukan oleh paybox untuk pengembangan alat pembayaran online yang akan segera di launching. silahkan daftar dan dapatkan langsung $25. klik disini untuk gabung dan pilih CLICK HERE TO JOIN NOW

ayo.....ikutan daftar.
jika belum jelas....silahkan tanya di buku tamu sebelah.

BUKU TAMU ANDA...

bisnis online

inilah salah satu cara tergampang untuk mencari recehan dollar via internet, silahkan anda daftar dan dapatkan langsung bonus 1 dollar, di jamin. anda bisa memilih jenis pekerjaan/job yang sekiranya bisa anda kerjakan dan dapatkan dollarnya. info lengkap
klik di sini
atau klik banner di bawah ini untuk daftar langsung.
logo

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

kembali ke ATAS