welcome...selamat datang...wilujeng sumping...buat semuanya di blog ini, silahkan menikmati segala menu yang ada di blog ini...enjoy it.

logo

Ibu

08 November 2009


Kata ibu begitu indah bagi para perindu ilahi. Kata bertuah bagi mereka yang memiliki hati. Ibu adalah sosok manusia kuat nan tangguh. Walau derita dan maut datang merapat, tak pernah ibu mau menggugat.

Selama sembilan bulan ibu tampil sebagai penjaga yang paling perkasa. Makan tak enak tidurpun tak bisa nyenyak mengandung sang buah hati yang sedang dinanti. Oh ibu sungguh pantaslah jika di kakimu ada surga, di hatimu ada cahaya dan dalam setiap desah nafasmu yang kudengar hanyalah cinta.


Ketika Allah menyebut dirinya Ar rahim, maka hanya ibu yang memperoleh nama itu. Seakan akan siapa saja manusia yang menghinakan wanita sesungguhnya ia telah melukai Allah Ar rahim. Siapa saja anak yang menggoreskan luka di hati ibunya walau hanya berkata ‘ah’ niscaya pintu pintu neraka bergetar haus rindu untuk melahapnya.

Suatu ketika seorang pemuda yang bernama Thalhah As sulami datang menghadap Rasulullah saw dan berkata : “Ya Rosulullah sesungguhnya aku ingin sekali ikut berjihad di jalan Allah.” Rosul saw bertanya, “Apakah ibumu masih hidup?” jawab pemuda itu “Ya, beliau masih hidup” Kemudian Rosulullah bersabda “Bersimpuhlah kamu di kakinya, karena di sana tempat surga berada.”

Ketika seseorang bertanya kepada Rosululloh tentang siapakah orang yang paling berhak di muliakan dan di layani, Rosululloh menjawabnya “ibumu….ibumu….ibumu “ tiga kali. Bersimpuhlah di kaki kedua orang tuamu, tatap mata hatinya dan bisikkan dendang harapan merajut restu. Ingatlah jangankan ucapannya, getaran hatinya saja adalah doa.

Ketika berada di hadapan orang tuamu jadilah “penghibur sejati” karena qalbu keduanya bisa menjadikan anak anaknya ahli surga atau ahli neraka, hidup menjulang atau hidup jadi pecundang. Dengarkanlah betapa Allah telah berfirman : “Dan, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".( Al isro 23-24)

Seandainya kita berjalan kaki sambil menggendong ibu kita kemudian mendaki dari lembah paling dalam menuju puncak gunung menjulang, sungguh takkan pernah akan mampu mengembalikan darah dan air susu ibu yang telah tumpah. Maka dengan rasa haru ukirlah di hati kita sebuah kata yang paling indah…..”ibu”.

Maka berbahagialah bila orang tua kita memanggil atau menyuruh kita mengerjakan sesuatu, karena sesungguhnya mereka sedang membuka pintu pintu kebahagiaan dan keberkahan ilahi yang akan di kucurkan dari arah yang tidak terduga. Sayangi dan hormati keduanya apalagi jika keduanya telah berusia lanjut.

Ingatlah, kita tak akan pernah bisa membalas segala kebaikan ibu bapak kita meskipun kita membayarnya dengan seluruh harta kekayaan yang kita miliki. Benar merugilah para anak yang hidup bersama orang tuanya di saat kedua orang tua mereka sudah tua renta namun ia tidak bisa meraih surga, karena tidak bisa berbakti kepada keduanya.”HR.Muslim)
(di ambil dari kolom hikmah republika oleh KH Toto Tasmara dengan penambahan di sana sini)


artikel terkait……



4 komentar:

Haniseh 12/11/09 6:12 PM  

Subhanallah..senakal apa pun anak nya..sang ibu tetap akan memafkan nya..meskipun kepahitan yang di rasakan sang ibu u/ mendidik n membesarkan sang anak nya,,dia tak pernah keliatan jemu di depan anak nya,,
Ya Allah ampunilah segal dosa kami,serta ampunilah dosa kedua orang tua kami..kasihanilah mereka n sayangilah mereka,,sebagaimana mereka telah menyayangi kami di waktu kami kecil,,,

Postingan hebat mas..bravo

Haniseh 12/11/09 6:14 PM  

kasihanilah ibu kami ya Allah yang telah melahirkan kami..bahagia kan dia di dunia dan di akherat kelak..

rahmatpunya 12/11/09 7:13 PM  

buat sahabat Haniseh, thank ya komennya. Semoga kita semua jadi anak yang berbakti buat kedua orang tua kita, amin.

Template Booklet Company Profile 17/1/14 11:44 AM  

kasihanilah ibu kami ya Allah yang telah melahirkan kami..bahagia kan dia di dunia dan di akherat kelak..

Posting Komentar

mangga...,silahkan di isi... thank's ya atas kunjungannya.

cari recehan dollar ....

sekedar berbagi saja....barangkali anda tertarik untuk cari recehan dollar atau rupiah :

1.PAYBOX.ME
anda di minta untuk mengikuti survey yang di lakukan oleh paybox untuk pengembangan alat pembayaran online yang akan segera di launching. silahkan daftar dan dapatkan langsung $25. klik disini untuk gabung dan pilih CLICK HERE TO JOIN NOW

ayo.....ikutan daftar.
jika belum jelas....silahkan tanya di buku tamu sebelah.

BUKU TAMU ANDA...

bisnis online

inilah salah satu cara tergampang untuk mencari recehan dollar via internet, silahkan anda daftar dan dapatkan langsung bonus 1 dollar, di jamin. anda bisa memilih jenis pekerjaan/job yang sekiranya bisa anda kerjakan dan dapatkan dollarnya. info lengkap
klik di sini
atau klik banner di bawah ini untuk daftar langsung.
logo

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

kembali ke ATAS